Pelatihan ini akan memfasilitasi guru kimia SMA untuk mempelajari pembelajaran sel volta kepada peserta didik dengan menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathemathics (STEM) bertema PLBS, yaitu membuat pembangkit listrik dari bahan sehari-hari. Melalui pembelajaran PLBS dengan pendekatan STEM dapat melatih peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi. Guru juga akan mempelajari pengembangan lesson plan menggunakan pendekatan STEM.

Pelatihan ini disusun untuk dimanfaatkan para guru sebagai perangkat suplemen Bahan Belajar Mandiri (BBM) dalam proses peningkatan kompetensi guru SMP di Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA (MGMP IPA).

Setelah mempelajari modul ini peserta diharapkan dapat :

  1. Menerapkan model pembelajaran MPS untuk materi alat-alat optik.
  2. Mengelaborasi model pembelajaran MPS dalam materi optik menggunakan penggunaan ICT.

Sistematika pembahasan modul adalah sebagai berikut: 

  1. memuat latar belakang masalah pengembangan pembelajaran IPA. 
  2. memuat teori model pembelajaran MPS, penerapan model pembelajaran MPS dalam materi alat-alat optik, dan uraian cara menyajikan menggunakan model MPS. 
  3. III memuat informasi untuk guru tentang paparan materi yang disajikan mengenai alat-alat optik.

Fungsi dan Bagian-bagian Otak pada Manusia Kelas IX

Memberi pengetahuan dan ketrampilan las SMAW, digunakan untuk menyambung material pelat, pipa maupun blok mesin dengan berbagai ukuran tebal dan posisi pengelasan pada konstruksi baja, jembatan, mesin, pipa, tangki/bak, ketel dan lain-lain.

Pelatihan ini akan menjamin peserta didik memperoleh kualifikasi ketrampilan las sesuai dengan persyaratan tukang las.


sistem pencernaan pada manusia